Bagaimanakah anak itu menjadi laki-laki atau perempuan dan serupa dengan Orang Tuanya di dalam rahim?

Sebab terjadinya laki-laki dan perempuan apabila mani satu mengalahkan mani yang lain. Apabila mani laki-laki mengalahkan mani perempuan jadilah anak laki-laki dengan izin Alloh Subhanahu wa ta’ala. Demikian juga sebaliknya, apabila mani perempuan mengalahkan mani laki-laki jadilah anak perempuan dengan izin Alloh subhanahu wa ta’ala.

Telah bersabda Rosululloh shallallohu ‘alaihi wa sallam,

ماء الرجل أبيض وماء ألمرأة أصفر فإذا اجتمعا فعلا مني ألرجل مني ألمرأة أذكرا بإذن الله وإذا علا مني ألمرأة مني ألرجل آنثا بإذن الله

“Air (mani) laki-laki itu putih sedangkan air (mani) perempuan itu kuning. Maka apabila keduanya berkumpul (di dalam rahim) lalu mani laki-laki mengalahkan mani perempuan, jadilah anak laki-laki dengan izin Alloh. Dan apabila mani perempuan mengalahkan mani laki-laki, jadilah anak perempuan dengan izin Alloh.”

(Hadits shahih riwayat Muslim 1/73-174 dalam hadits yang panjang dari jalan Tsauban)

Lafazh علا yang saya terjemahkan dengan mengalahkan yang dimaksud ialah

air maninya lebih banyak dari yang lain sehingga menutup dan mengalahkannya, maka dengan sebab itu jenis anak pun bagi yang mengalahkan dengan izin Alloh.

Oleh karena itu janganlah kecewa apabila tidak terjadi atau terjadi sebaliknya, karena Nabi yang mulia shollallohu ‘alaihi wa sallam tegaskan semuanya dengan izin Alloh. Maka kalau Alloh subhanahu wa ta’ala tidak izinkan, pasti tidak akan terjadi.

Adapun sebab kesamaan bentuk rupa antara anak dengan bapaknya atau ibunya, ialah sebagaimana yang disabdakan Nabi yang mulia shollallohu ‘alaihi wa sallam:

وأما الشبه فى الولد فإن الرجل إذا غشي المرأة فسبقها ماؤه كان الشبه له. وإذا سبق ماؤها كان الشبه لها

“Adapun kesamaan (rupa) pada anak, maka sesungguhnya seorang laki-laki apabila dia menyetubuhi istrinya, lalu air (mani)nya (keluar) mendahului (air mani) istrinya, niscaya akan serupa dengannya. Dan apabila air (mani) istrinya (keluar) mendahului (air maninya), niscaya anak akan serupa dengan istrinya.”

(Hadits shohih riwayat Al-Bukhori 4/102-103 dari jalan Anas bin Malik dalam hadits yang panjang tentang masuk Islamnya Abdullah bin Salam.)

Dan riwayat yang lain lafazh-nya sebagai berikut:

وأما الولد فإذا سبق ماء الرجل ماء المرأة نزع الولد. وإذا سبق ماء المرأة ماء الرجل نزعت الولد

“Adapun tentang anak, maka apabila air (mani) laki-laki mendahului air (mani) perempuan, niscaya anak serupa dengannya. Dan apabila air (mani) perempuan mendahului air (mani) laki-laki, niscaya anak serupa dengannya.”

(Riwayat Al-Bukhori 4/268)

سبق yang saya terjemahkan dengan mendahului maksudnya mendahului keluarnya dan masuk ke dalam rahim.

Sabda Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam:

أي النطفتين سبقت إلى الرحم غلبت على الشبه

“Mana saja diantara dua nuthfah (mani laki-laki dan perempuan) yang lebih dahulu masuk ke dalam rahim, kesamaan ada padanya.”

(Hadits shohih riwayat Ahmad 6/308-309 dari jalan Ummu Salamah)

Kesimpulan:

  1. Apabila mani laki-laki mengalahkan mani perempuan dan lebih dahulu keluarnya, maka jadilah anak laki-laki yang serupa dengan bapaknya.
  2. Dan demikian juga sebaliknya.
  3. Dan apabila mani laki-laki mengalahkan mani perempuan sedangkan mani perempuan keluar lebih dahulu, maka jadilah ana laki-laki yang serupa dengan ibunya.
  4. Dan demikian juga sebaliknya.
  5. Dan apabila mani laki-laki mengalahkan mani perempuan sedangkan keluarnya bersamaan, maka jadilah anak laki-laki akan tetapi tidak khusus serupa dengan bapaknya atau ibunya. Atau barangkali anak akan mirip ibu dan bapaknya.
  6. Dan demikian juga sebaliknya. Wallohu a’lam.

[Dikutip dari Buku “Menanti Buah Hati & Hadiah untuk yang Dinanti”, oleh Al-Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat -hafizhohulloh-]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s